Pemanfaatan limba organik

assalamualaikum wr...wb..
kali ini saya ingin berbagi tips pemanfaatan limba organik yg banyak di temui di sekitar pemukiman rumah masyarakat.
jika kita kreatif dan aktif menanggafi keadaan limgkungan yg kurang seteril atau kurang sehat ini, apa salahnya kita cari solusi agar keadaan lingkungan kita bebas dari waba penyakit yg timbul dari berserakannya limba-limba rumahtangga. 
kali ini saya ingin berbagi tips cara pemanfaatan limba organik yg baik dan bermanfaat bagi kita semua di antaranya limba organik dapat di manfaatkan seperti berikut:
A. DIBUAT MENJADI KOMPOS

Ini merupakan langkah umum yang sekarang ini banyak digalakkan oleh pemerintah. Dengan memisahkan limbah organik dan tidak organik kemudian memproses limbah organik menjadi kompos dan memanfaatkan kompos tersebut untuk emnyuburkan lahan pekarangan rumah penduduk.

LANGKAH_LANKAH MEMBUAT PUPUK KOMPOS
1.kumpulkanlah limba-limba organik, seperti dedaunan,sayur-sayuran sisa yg sudah busuk,dan lain-lain yg bersipat organik.
2.timbunlah atau simpanlah di tempat yg telah di sediakan. misalnya buatlah lubang secukupmya di atas permukaan tanah.
3.lalau simpanlah kedalam lubang yg telah di buat lalu tibunlah dengan tanah diatasnya. 
4.tunggulah beberapa minggu/bulan sampai limba-limba tsb hancur dan menjadi tanah.
5.setelah beberapa minggu/bulan dan limba yg sudah hancur dan menjaditanah pun bisa langsung di keruk atau di manfaatkan untuk keperluan pertanian anda.

 demikianlah tips pemanfaatan limba organik yg bisa saya sampaikan dan bagikan kepada rekan-rekan semua,semoga bisa membantu anda. 


   wassalamualaikum..wr..wb..
  
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment